4 Tips Menjaga Kesehatan Payudara Selama Menyusui

Selama masa menyusui Anda harus mengonsumsi makanan bergizi seperti masa kehamilan agar menghasilkan ASI eksklusif yang berkualitas. Kualitas ASI akan mempengaruhi perkembangan anak Anda. Selain nutrisi Anda juga harus menjaga kesehatan payudara dengan tips berikut ini. Lakukan secara rutin dan cermat agar payudara tetap terjaga.


1.      Melakukan Pijat Payudara

Payudara akan mengalami pembengkakan jika terjadi penyumbatan saluran air susu. Kondisi ini akan membuat payudara Anda terasa nyeri. Anda bisa melakukan pijat payudara dengan rutin untuk menghilangkan penyumbatan. Anda juga dapat  mengurangi pembengkakan pada payudara dengan melakukan kompres. Pijat pada payudara juga akan memperlancar aliran darah.

Pijat juga bermanfaat untuk mengatasi terjadinya ketegangan pada ligamen pasca melahirkan. Kemudian juga bermanfaat untuk menghilangkan racun yang berasal dari sistem limfatik di dalam tubuh, racun yang akan menghambat sirkulasi pada payudara. Pijat juga akan menguatkan serta melenturkan puting, dan merangsang kelenjar air susu Anda.

2.      Konsumsi Nutrisi Cukup

Nutrisi yang cukup akan membuat payudara Anda menghasilkan ASI dengan produktif sehingga dapat memenuhi kebutuhan bayi Anda. Kondisi ini akan membantu Anda tetap terlindungi dari berbagai penyakit berbahaya yang dapat terjadi pada payudara. Salah satunya risiko kanker yang bisa terjadi kapan saja dengan dampak yang buruk bagi kesehatan Anda.

Nutrisi selama masa menyusui bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi makanan yang membantu memperlancar produksi ASI. Seperti daging, kacang-kacangan, ikan salmon, susu khusus ibu menyusui dengan harga lebaran sale 2018 yang memberikan diskon hingga 19%.

3. Menjaga Kebersihan Puting

Puting akan masuk ke dalam mulut anak Anda selama masa menyusui hingga berusia dua tahun. Aktivitas menyusui akan membuat puting susu rentan terkena infeksi bakteri hingga menyebabkan iritasi dan juga luka pada payudara Anda.

Anda harus rajin membersihkan puting baik sebelum mau pun setelah menyusui. Lakukan membersihkan setiap dua hari sekali dengan menggunakan air hangat. Anda juga dapat menggunakan handuk yang telah direndam air hangat untuk membersihkan payudara. 

Pastikan handuk yang digunakan tidak terkontaminasi dengan kuman yang sebaiknya Anda menyediakan handuk khusus. Selain sebelum dan setelah menyusui, Anda juga dapat melakukannya sebelum tidur di malam hari.

4. Konsultasi ke Dokter

 Anda tidak bisa mengatasi sendiri jika payudara telah menunjukkan gejala dengan kulit kemerahan, dan rasa nyeri yang berlebihan. Kondisi yang menyebabkan Anda terganggu untuk memberikan ASI kepada bayi. Segera lakukan pemeriksaan payudara ke dokter yang lebih ahli untuk memberikan solusi untuk mengatasinya sehingga Anda dapat kembali memberikan ASI.

Menjaga kesehatan payudara merupakan langkah penting untuk mendapatkan ASI eksklusif yang berkualitas. Anda bisa mengatasi produksi ASI yang meningkat dengan memompa ASI ke botol agar tidak terjadi penyumbatan. Anda juga perlu mengatur jam menyusui dan melakukannya dengan rutin agar payudara tidak mengalami pembengkakan yang dapat berdampak buruk.